Selasa, 10 Mei 2011

Dr Nurhidayat M Said M Ag : Pesantren Memberi Pengetahuan Dasar Agama

Laporan : Jumriani
Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2008 UIN Alauddin Makassar

Sosok Dr Nurhidayat M Said M Ag, adalah dosen yang sama sekali tidak asing bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, khususnya mahasiswa jurusan jurnalistik.

Saat ditemui di ruangannya, ketua prodi jurusan jurnalistik ini, akrab dipanggil Pak Dayat membagi sedikit pengalamannya, Jum’at (8/4/2011)
Mantan Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah (MD) FDK, lebih dikenal pada kalangan mahasiswanya, sebagi sosok tegas, berwibawa dan bijaksana.

Kesan demikian cukup melekat pada diri alumni S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tentu saja ini berkat proses belajar yang dilaluinya selama bertahun-tahun, dari berbagai jenjang pendidikan jelas menjadi faktor pendukung kekayaan intelektualnya, khususnya dibidang agama.

Pria kelahiran Palopo, 15 April 1972, adalah figur yang cerdas. Bahkan, menurut salah seorang mahasiswa, begitu cerdasnya, sehingg terkadang mahasiswa kesulitan untuk menyatukan pendapat dengannya.

Menurut suami dari Indira Deby Rahmi SH, dia sempat sekolah di Pondok Pesantren Datuk Sulaeman Palopo selama 3 tahun. Disinilah awal bersentuhan dengan pelajaran agama Islam secara mendasar.

Tahun 1987, ayah dari 3 orang anak ini melanjutkan jenjang pendidikan pada sekolah umum. “Ketika SMEA, saya mengambil jurusan ekonomi manajemen, namun saya masih merasa memiliki bakat sebagai santri saya bertekad dalam hati untuk berdakwah,” ujarnya.

Ketika menginjakkan kakinya ke dunia kampus, anak dari pasangan H. Muh. Said dan H. Maryam Abadi, diminta sang ayah untuk memilih jurusan ekonomi karena harapannya untuk memiliki anak-anak yang berkompeten di bidang yang berbeda-beda.

“Saya memilih Universitas Haluoleo Kendari pada jurusan ekonomi. Namun ibu saya menginginkan kuliah di Makassar,” ujar ayah dari Shirin Ebadi Zahrah.
“Saat itu hanya IAIN Alauddin masih membuka pendaftaran, Akhirnnya saya mendaftar dan mengambil jurusan PPAI (sekarang KPI), Fakultas Dakwah Dakwah dan Komunikasi (FDK),”

Dia menjalani kehidupannya sebagai mahasiswa dengan berbagai organisasi diikuti seperti, Ketua Bidang Penalaran dan Keilmuan pada Senat Fakultas dan Ketua Bagian Komunikasi Umat HMI Cabang Ujung Pandang

“Saya juga pernah bergelut diorganisasi kampus yang bernama Mujtahidah. Dalam lembaga inilah ia berkarir dengan Dr Mustari Mustafa M Pd yang juga dosen FDK dan Yusuf AR yang saat ini menjadi Direktur Utama Fafar TV,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan studi S1, ayah dari Muh Nuril Muqit merasa belum puas, sehingga dia melanjutkan studi ke jenjang S2 magister studi Islam di PPs UIN Alauddin Makassar. (Jumriani)

DATA PRIBADI
Nama : Dr Nurhidayat M Said M Ag
TTL : Palopo, 15 April 1972
Istri : Indira DeBY Rahmi SH
Anak : Muh. Nuril Muqit, Shirin Ebadi Zahrah, Gilda Athifah Aimee
Jabatan : Ketua Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
Alamat : JLN.RS ISLAM FAISAL XIV NO.5 MKS
E-mail : hid_said@yahoo.co.id

Riwayat pendidikan
* SDN (1978-1984)
* SMPN (1984-1987)
* SMEA Negeri Palopo (1987-1990)
* S1 IAIN Alauddin, Bidang PPAI(1990-1994)
* S2 IAIN Alauddin, Bidang Pemikiran Islam(1997-1999)
* S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ( 2008)

Riwayat pekerjaan
 Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah UIN Alauddin Makassar.
 Kepala Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
 Ketua Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar.
 Ketua Pengelola Jurnal Tabliqh FDK.
 Sekjen Ikatan Alumni FDK 2008-2011

Riwayat Organisasi
 Ketua Bidang Penalaran dan Keilmuan pada Senat Fakultas Dakwah.
 Sekum Korkom HMI IAIN Alauddin Ujung Pandang, 1992-1993.
 Wakil Sekertaris Umum HMI Ujung Padang, 1993-1994
 Direktur Eksekutif LSM Lingkaran Studi Universum Indonesia yang bergerak dibidang Kajian Filsafat dan Keislaman.
 Pengurus Ormas Nasional Demokrat Sulsel.
 Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
 Ketua Bagian Komunikasi Umat HMI Cabang Ujung Pandang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar