Rabu, 18 Mei 2011

Drs M Arif Alim M Ag : LIPI Akan Bantu 20 Ekor Sapi

Laporan : Suryani Musi (Mahasiswa Jurnalistik UIN Angkatan 2008)

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (IPTEKDA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan memberikan bantuan sapi sebanyak 20 ekor untuk jurusan Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (12/05/2011).

Lembaga yang memiki visi bagaimana menciptakan ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, cerdas, kreatif, integratif dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis, memberikan sapi untuk proses penggemukan dan pengembangbiakan.

Meski PD II Sainstek belum memastikan kapan tepatnya bantuan sapi-sapi tersebut datang namun dia menyatakan bahwa dalam waktu dekat sapi tersebut telah ada. 10 ekor untuk penggemukan dan sepuluh ekor untuk perkembangbiakan.

Sapi-sapi ini menurut Pembantu Dekan II Sainstek, Drs M Arif Alim M Ag akan dijadikan sebagai bahan penelitian dan praktikum mahasiswa jurusan peternakan.
“Jadi, nantinya sapi-sapi tersebut akan dijadikan sebagai teching farm bagi mahasiswa. Ada bantuan seluas tiga hektar tanah di belakang UIN yang diberikan oleh Rektor kepada kita untuk pelaksanaan teching farm,” kata Arif.

Dalam teching farm tersebut, mahasiswa akan diajarkan bagaimana menggemukkan sapi dalam jangka waktu yang singkat, bagaimana dalam kurun waktu satu tahun sepuluh ekor sapi tersebut mampu berkembangbiak dengan cepat bisa mencapai ratusan ekor dengan melakukan inseminasi buatan. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana mampu menciptakan biogas dari kotoran ternak menjadi sumber tenaga listrik. Minimal, nantinya mampu digunakan di UIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar