Rabu, 18 Mei 2011

Muchtar Dippe : Cita-Cita Menjadi Wartawan Profesional

Laporan : Nur Hamzah (Mahasiswa Jurnalistik UIN Angkatan 2008)

Namanya Muchtar Dippe. Kini sedang menjalani proses perkuliahan dengan memilih program studi ilmu jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar . Dia lahir 5 Juli 1990 di sebuah desa terpencil bernama Desa Rano, Kecamatan Rano Timur Kabupaten Toraja. Muchtar merupakan anak ke sembilan dari 12 bersaudara.
Jenjang pendidikan dasar dilewati di SD 370 Sepoendeta Bonggakaradeng Toraja. Setamat SD 6 tahun, dia memilih lanjut di Madrasah Tsanawiyah Negeri Alla Enrekang dan lulus tahun 2005. Setamat Tsanawiyah, dia kemudian lanjut SMA Muhammadiyah Kalosi Enrekang dan lulus tahun 2008. Setamat SMA Muhammadiyah, pilihan lanjut studi perguruan tinggi ke UIN Alauddin Makassar dengan pilihan hukum dan jurusan jurnalistik. Pengumunan tes SNPTN dia diterima di fakultas dakwah dan komunikasi.
Adapun alasan kuliah di UIN Alauddin, karena ingin menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama. Pilihan prodi jurnalistik, karena bercita-cita kelak menjadi wartawan propesioanal.
Muchtar dilahirkan dari lingkugnan keluarga cukup sederhana. Dia lahir dari pasangan seorang ayah bernama Tammu dan ibu Rasia. Pilihan nekad masuk perguruan tinggi karena dia pikir materi bukanlah suatu penghambat melanjutkan studi, tapi baginya yang paling utama adalah kemauan untuk berbuat.
Dia ikut tes masuk perguruan tinggi lewat jalur SNPTN, dan mengambil jurusan ilmu hukum pilihan pertama, jurnalistik pilihan kedua dan pada akhirnya lulus di pilihan kedua yaitu jurnalistik. Rencana masa depan selesai merampungkan studi, ingin bekerja di media eletronik untuk kemudian lanjut S2 di Universitas Indonesia dengan program studi ilmu jurnalistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar