Selasa, 10 Januari 2012

HMI Bukan Organisasi Coba- Coba




Laporan : Wiwin Aplodita Daniel
Makassar,- System pengkaderan Himpunan Mahasiswa Islam adalah basic training(LK I), intermedit (LKII), dan (LKIII), sehingga harus menempuh proses yang panjang seperti kajian, diskusi, dan membaca. Selain iu sestem pengkaderan dipertegas oleh salah satu senior HMI komisariat Dakwah dan Komunikasi Zulkarnain Paturuni, “yang mengaku tidak pernag dipaksa untuk berHMI, melainkan mencari sendiri tempat pengakaderan HMI yaitu basic training (LKI) di bontolempangeng,(09/01/2011).
“Organisasi HMI bukan sebagai organisasi coba- coba, olehnya itu kader ijo itam harus mampu memilih atau dapat melihat dengan kacamata masing- masing bakal calon perserta HMI yang betul akan loyal terhadap HMI dan memiliki integritas yang tinggi terhadap HMI, cabang dan komisariat itu sendiri”,papar mantan ketua umum komisariat dakwah dan komunikasi yang akrab disapa kanda Zul.
Sebagai kader HMI haraus inklusif dan Ekslusifyang mampu memanyungi organisasi lain, dalam artian bahwa HMI dapat merangkul organisasi ekstara lain dengan cara mengajak berdiskusi dan dapat membuka cara berfikir mahasiswa itu sendiri, sehingga terhindar dari kekerasan didalam. Selain itu kader harus mampu menempatkan diri sesuai dengan tujuan HMI dan dapat HMI back to khittah seperti kajian, diskusi dan membaca buku.
Dalam pengkaderan basic training (LKI) memiliki beragam materi yang sesuai denngan tujaun HMI, mulai dari materi metode persidangan, ritorika, identitas mahasiswa, dan materi NDP samapai bab tujuh, bukan itu setiap peserta harus menjalani pengkaderan selama tujuh hari tujuh malam, yang begitu panjang dan melelahkan untuk mendapat sebuah ilmu.
Selain itu “kepengurusan HMI harus menjadi laboratorim untuk dapat melihat potensi dan kreatifitas kader olehnya itu di HMI membuka imajinasi kader dalam wadah Lapmi, LSBMI, LDHMI, dan LPHMI, agar kader tidak hanya terfokus kepada kajian saja”, ungkap manta wakil presiden mahasiswa UIN pertama kanda Zul.(W2n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar