Selasa, 10 Januari 2012

Jurnalistik UIN Usut Fabrikasi Berita Trial By Press

Laporan : Wiwin Aplodita Daniel dan Imi Jamilatussalamah

Tribun- Timur.Com, Jurusan Jurnalistik semester VII Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, untuk menyelesaikan mata kuliah Studi Kasus Jurnalistik meleksanakan seminar dialog jurnlaistik tema “ Menyikapi Kasus Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik: Dari Fabrikasi Berita Sampai Trial By Press”. Kegiatan ini dilaksanakan di Lecture Theater (LT) fakultas dakwah dan komunikasi, adapun pembicara dalam seminar ini Kordinator Liputan Tribun Timur (Thamsil Thahir), dan Dosen fak. Dahkwah dan komunikasi (Dr. Muhammad Firdaus).
Dalam seminar ini Thamzil Thahir mengungkapkan dalam mengawali pembicaraan “ Tema ini merupakan suatu yang melebihi pembahasan atau penelitian Prof dunia, dan kemuliaan fungsi wartawan adalah seperti memainkan fungsi keNabian, bahkan Nabi itu membawa kabar gembira, sedangkan fungsi wartawan memverifikasi sebuah informasi kepada khalayak”, ungkapnya.
Di lain pihak Dr. Muhammad Firdaus mengatakan “ Bahwa wartawan bersifat amanah (bertanggung jawab) untuk tidak melalukan fabrikasi, fathonah (cerdas) karena bisa memecahkan sebuah masalah, dan sidiq (jujur) seorang wartawan harus jujur dalam mencari berita untuk memasukkan nilai edukatif kepada masyarakat. Saya pun berharap kepada mahasiswa caln wartawan harus memiliki sifat Nabi agar wartawan terhindar dari tindakan fabrikasi berita trial by press”, ujarnya.
Peserta seminar dari seluruh elemen mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi sangat antusias terlihat dari beberap pertanyaan yang terlontar, selain itu pertanyaan dibuka dua sesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar