Rabu, 18 Mei 2011

Nur Hamzah : Pilih Jurnalistik Karena Senang Berpetualangan

Laporan Muhtar Lubis (Mahasiswa jurnalistik UIN Angkatan 2008)


NUR HAMZAH. Lahir di Toli-Toli Sulawesi Tengah, pada 4 Januari 1989 dari pasangan Mahamuddin dan Nuraini. Masa-masa kecil terlewati di tanah kelahirannya sampai menammatkan SD tahun 2000. Setamat SD dia melanjutkan studi ke sekolah agama di Madrasah Tsanawiyah Timampu Luwu Timur.

Usai merampungkan jenjang SLTP, dia lanjut lagi ke Madrasah Aliyah tahun 2005. Selama tiga tahun dia menjalani jenjang pendidikan lanjutan atas dan selesai tepat pada tahun 2008. Setamat pada Madrasah Aliyah, dia lantas ikut tes masuk perguruan tinggi pada tahun itu juga dan memilih jurusan jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunkasi UIN Alauddin Makassar.

Alasan memilih UIN Alauddin sebagai kampus melanjutkan studi , karena sejak di bangku Aliyah sudah bertekad untuk masuk di kampus universitas Islam negeri tersebut. Dia merasa lewat UIN sangat bisa menimbah ilmu lebih banyak lagi. Kelak di masa mendatang akan menjadi orang berguna bagi bangsa ,agama, dan negara. Cira khas UIN kata Muhtar yang tinggal di Jl. Pelita Raya ini, bukan hanya memperoleh ilmu-ilmu umum, tetapi juga banyak belajar ilmu-ilmu agama, katanya.

Adapun alasan dia memilih jurnalistik, karena ingin mengetahui lebih jauh tentang apa itu ilmu jurnalistik dan bagaimana cara sistem kerja seorang jurnalis. ‘’ Pada awalnya saya tidak mengerti apa itu jurnalistik, tapi setelah masuk dan bergabung baru saya ketahui jurnalistik itu ilmu untuk memilih jadi profesi jurnalis atau wartawan ‘’ kata Hamzah yang senang berpetualangan ini.

Rencana masa depan usai merampungkan studi mencari kerja ada kaitan dengan jurnalistik, sambil merencakan untuk lanjut studi ke jenjang S2. ‘’ Menuntut ilmu tidak ada kata terlambat’’ tegasnya. (muhtar lubis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar